Senin, 18 Agustus 2014

SEMARAK HUT RI KE-69 ALA OPI WATAMPONE






Pagi itu, hari minggu, 17 agustus 2014 waktu menunjukkan pukul 07.00 WITA, para local coach OPI Watampone sudah bersiap-siap di kantor area. Cuaca yang mendung, dingin, dan baru pulang sekitar jam 01.00 WITA dini harinya, tidak menghalangi semangat mereka untuk menyemarakkan peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-69 di Area Watampone. Tim OPI memang ditunjuk sebagai EO (Event Organizer) Peringatan HUT RI di Watampone, meski hanya instruksi secara lisan dari PLT MAWP. Sebagai EO, Tim OPI tidak ingin peringatan HUT RI yang biasa-biasa saja. Acara pun dikemas dengan sedemikian rupa, sehingga ada unsur khidmat, serius, serta ceria tapi penuh makna.

Bagian yang pertama adalah khidmat yaitu ketika upacara bendera. Tepat pukul 07.30 WITA Upacara Peringatan HUT RI ke-69 di mulai. Ditandai dengan teriakan “Siap Grakk” oleh pemimpin upacara (saat itu diamanatkan kepada Bapak Syafaruddin (MR Hasanuddin)). Sekejap seluruh pasukan yang terdiri dari para pegawai, Alih Daya, Ibu PI dan teman-teman PKL berposisi siap sempurna. Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah PLT MAWP, berikut liputannya. 

Pak Syafaruddin (MR Hasanuddin) selaku pemimpin upacara

Pak Bambang, Pak Tomo, dan Pak Andi Bahar sebagai Petugas Pengibar Bendera

Ibu Andi Sutra (Ajudan), Pak Bakhtiar (Pembaca Doa), dan Mbak Carlita (Protokol)

Barisan peserta upacara dari pegawai PLN Area Watampone

Barisan peserta upacara Ibu PI, Alih Daya, dan PKL

Prosesi pengibaran Sang Saka Merah Putih

Penghormatan seluruh peserta upacara kepada Sang Saka Merah Putih

Cuaca mendung di Kota Watampone tidak menghalangi upacara bendera

Selesai Upacara Bendera Peringatan HUT RI ke-69, acara pun dilanjutkan dengan halal bihalal. Formatnya sangat sederhana tetapi penuh kehangatan. Peserta diarahkan oleh Mas Anggih dan Mas Aji untuk bersalam-salaman secara tertib dan teratur. Sebagai EO, Tim OPI harus bekerja keras dalam mengarahkan peserta upacara, khususnya Ibu-Ibu PI karena cuaca sudah mulai gerimis. Seluruh manajemen berdiri di depan tiang bendera, urutan bersalaman dimulai dari barisan pegawai dilanjutkan barisan Ibu PI, dan barisan Alih Daya serta PKL. Berikut laporannya.


Pak H Kamrin (Asman Jaringan) memimpin barisan manajemen karena paling senior dan sebentar lagi pindah ke Kantor Wilayah

Suasana Halal Bihalal

Suasana Halal BIhalal dari sudut pandang lain

Tampak dari kejauhan, Mas Anggih dan Mas Aji sedang memantau jalannya halal bihalal

Pak Marzuki memimpin barisan Alih Daya dan PKL (khusus putri) untuk bersalaman

Mas Aji dengan gagah menjadi Time Keeper acara Halal Bihalal

Pose ala Ibu PI saat acara halal bihalal

Pose ala Ibu PI di sisi lain

Selesai halal bihalal, peserta upacara tidak dibiarkan pulang begitu saja. Para pegawai, tenaga alih daya, dan PKL dikerahkan oleh Tim OPI untuk memasuki ruang utama PLN Area Watampone guna menyantap snack yang telah disiapkan dan melaksanakan rangkaian acara selanjutnya (kecuali ibu PI tidak bergabung, karena mereka melanjutkan acara arisan PI).


Sebagian dari Tim OPI sedang mempersiapkan tempat registrasi

Tampak para pegawai dan tenaga alih daya berkumpul di ruang utama PLN Area Watampone sambil menikmati snack pagi


Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, yaitu Tim OPI sebagai EO (Event Organizer) yang ditunjuk secara lisan oleh PLT MAWP tidak ingin merayakan HUT RI biasa-biasa saja. Untuk memeriahkan acara, Tim OPI menyelenggarakan kuis “THE NEXT ONE” yang bertemakan “Gunung tidak perlu tinggi, yang penting ada dewanya. Sungai tidak perlu dalam, yang penting ada naganya”. 

Kuis ini membawa pesan bahwa di dalam berkonstribusi, tidak membutuhkan kemewahan dan kebesaran, yang penting memiliki sebuah arti, dan mempunyai manfaat. Seperti halnya dalam penyelenggaraan kuis “THE NEXT ONE”, konsep acara disusun secara sederhana akan tetapi penuh makna. Dalam kuis “THE NEXT ONE” ini para peserta yakni pegawai, tenaga alih daya, dan PKL diharapkan mendapat wawasan tentang pengetahuan PLN secara umum.

Hal pertama yang dilakukan adalah membagi seluruh peserta menjadi lima kelompok. Masing – masing kelompok diberikan tugas untuk membuat atribut dan yel-yel penyemangat. Berikut liputannya.

Mas Ardik, Mbak Sefti, dan Bu Hj Darmawati sedang sibuk mendandani model atribut

Pamer suara dalam lomba yel-yel

Kelompok satu bersama hasil karyanya

Kelompok dua bersama hasil karyanya

Kelompok tiga bersama hasil karyanya

Kelompok empat bersama hasil karyanya


Kelompok lima bersama hasil karyanya

Keceriaan peserta saat lomba yel-yel



Selesai perlombaan kelompok, selanjutnya kuis utama “The Next One”. Kuis ini terdiri dari tiga sesi : yang di mana sesi pertama adalah sesi benar atau salah, sesi kedua adalah sesi pilhan ganda, dan sesi yang ketiga adalah sesi essay. Pada kuis ini peserta duduk berbanjar, dan diberikan dua buah kertas, warna merah dan warna kuning. 

Pada sesi benar salah peserta menggunakan kertas merah untuk jawaban benar dan kertas kuning untuk jawaban salah. Selanjutnya pada sesi pilihan ganda, peserta menggunakan kertas merah untuk jawaban A dan kertas warna kuning untuk jawaban B. sedangkan pada sesi terakhir atau essay, peserta menuliskan jawabannya pada kertas tersebut. 

Dalam kuis ini berlaku system gugur, jadi bila peserta salah menjawab akan langsung tereliminasi. Pemenang adalah peserta terakhir yang mampu bertahan. berikut liputannya.


Persiapan kuis “The Next One”

Peserta sedang memperhatikan instruksi yang diberikan

Peserta menjawab dengan kertas yang diberikan

Empat peserta terakhir : Mas Ihwan, Mas Dodi, Pak Aras, dan Pak Syamsuddin

Pak Aras memberikan ucapan selamat kepada Mas Dodi atas kemenangannya
 
Setelah acara kuis, memasuki bagian yang serius yaitu penandatanganan komitmen kinerja semester 2 tahun 2014 untuk Manajer Rayon, Supervisor Teknik Rayon, Supervisor Administrasi Rayon, dan Supervisor Revass Rayon Sengkang. Berikut liputannya.


Pak Agussalim (MR Tellu Boccoe) sedang menandatangani komitmen kinerja semester 2 tahun 2014

Mas Ihwan (Supervisor Teknik Rayon Uloe) sedang menandatangani komitmen kinerja semester 2 tahun 2014

Mas Iskandar Azhar (Supervisor Revass Rayon Sengkang) menerima komitmen dari PLT MAWP

Acara selanjutnya adalah acara yang sangat menguras emosi dan air mata. Di acara tersebut menjadi moment terakhir atau perpisahan Pak H Kamrin (Asman Jaringan) dan Pak H Nasrum (KLC OPI). Pak H Kamrin harus pindah ke Kantor Wilayah, karena grade beliau sudah OPT-4, sehingga tidak bisa lagi menjadi Asman Jaringan. Sedangkan Pak H Nasrum pindah ke Kantor Wilayah meninggalkan Tim OPI. Bahkan Pak H NAsrum berurai air mata saat memberikan kesan dan pesan. Berikut liputannya.


Pak H Kamrin sedang menyampaikan kesan dan pesannya

Pak H Nasrum menerima cindera mata dari KLC OPI yang baru (Pak Hardi)

Acara terakhir dan yang paling dinantikan oleh peserta kuis “The Next One” yaitu pemberian hadiah kepada para pemenang. Kelompok dengan Atribut Terkreatif adalah Kelompok Dua. Kelompok dengan Yel-Yel Terbaik adalah Kelompok TIga. Sedangkan Peserta Terheboh direbut oleh Pak Marzuki. Kemudian untuk kuis “The Next One” Juara pertama diraih oleh Mas Dodi, juara kedua diraih oleh Pak Aras, dan juara ketiga diraih oleh Mas Ihwan. Berikut liputannya.


Ki-ka : Pak Marzuki (peserta terheboh), Pak H NAsrum, Mas Ihwan (mewakili kelompok dua), dan Mas Ardik (Mewakili kelompok tiga)

Ki-ka : Pak Hardi, Mas Ihwan (juara 3), Pak Aras (juara 2), dan Mas Dodi (Juara 1)
 
Dirgahayu kemerdekaan RI yang ke-69 dari kami keluarga besar PLN Area Watampone. “Dengan Semangat Proklamasi l7 Agustus 1945, Kita Dukung Suksesi Kepemimpinan Nasional Hasil pemilu 2014 Demi Kelanjutan Pembangunan Menuju Indonesia yang Makin Maju dan Sejahtera.”




Ucapan terima kasih dan kebanggaan kami sampaikan kepada EO (Event Organizer) Peringatan HUT RI ke-69 PLN Area Watampone. Selamat kepada Tim OPI Watampone yang telah bisa membuktikan “Gunung tidak perlu tinggi, yang penting ada dewanya. Sungai tidak perlu dalam, yang penting ada naganya”. Bravooo…… Tim OPI Watampone……..

Ki-ka : Pak Bakhtiar, Mas Aji, Mas Agus, Mas Anggih, Mbak Inggrit, Mbak Wella,Pak H Nasrum, Pak Hardi, Mbak Annisa, Mbak Carlita, Mas Weda, dan Mas Aditya

























3 komentar:

  1. Berapa anggarannya untuk penyelengaraan quiz nya ? anggaran hadiahnya berapa ? dibantu manajemen nggak ?

    BalasHapus
  2. mantapppp acaranya... sukses terus buat TIM OPI PLN Area Watampone.. lagi dunkzzz....

    BalasHapus
  3. Untuk detail acara dan anggaran biaya bisa di chek ditulisan selanjutnya "Mengenal lebih dekat Kuis "The Next One" OPI Watampone" http://plnbone.blogspot.com/2014/08/mengenal-lebih-dekat-kuis-next-one-opi.html

    Mbak Amriati: Terima kasih dukungannya.. Next time kita adakan acara yang lebih seru lagi.. :D

    BalasHapus