Jumat, 19 September 2014

"WE GO FURTHER TO MAKES DREAMS COME TRUE" WITH JUMPER#2




Kalau kawan pintar telah membaca tulisan JUMPER#1, maka kawan pintar sudah tahu apa itu JUMPER. JUMPER merupakan mini outbound yang dilaksanakan sebagai sarana untuk meningkatkan kerja sama, kreatifitas, rasa kebersamaan, dan membangun jiwa leadership di kalangan keluarga besar PLN Area Watampone.

Setelah tiga bulan lamanya, akhirnya JUMPER#2 bisa dilaksanakan kembali pada hari Rabu , 17 September 2014. JUMPER#2 dilaksanakan pada hari Rabu (Padahal lazimnya JUMPER dilaksanakan dihari Jumat), lokasi acarapun berbeda yang biasanya diadakan di lingkungan kantor PLN Area Watampone, pada JUMPER#2 kali ini diadakan di Pantai Tete, hal ini dikarenakan banyaknya permintaan dari para peserta JUMPER#1, untuk pelaksanaan JUMPER selanjutnya diluar lingkungan kantor PLN Area Watampone.

Pantai Tete adalah salah satu obyek wisata pantai yang terletak di Kecamatan Tonra Kabupaten Bone. Pantai Tete sebenarnya merupakan daerah latihan rawa laut bagi prajurit Tamtama Rindam VII Wirabuana. Tetapi biasa dipakai sebagai tujuan wisata masyarakat Bone dan sekitarnya apabila tidak sedang digunakan latihan.

Kalau pada acara JUMPER#1 temanya ““Working Together to Change The Future”, atau dalam istilah keren kita sehari-hari Gotong-Royong, atau dalam bahasa Bugisnya “Pada Majjamaki”, maka untuk JUMPER#2 diberi tema “WE GO FURTHER TO MAKES DREAMS COME TRUE” yang dalam bahasa sehari-hari dapat diartikan “Mari kita melangkah lebih jauh untuk mewujudkan mimpi menjadi kenyataan”.

Inilah laporan pandangan mata acara JUMPER#2:


Para peserta senam bersama

Semua peserta dan panitia senam bersama mengikuti gerakan instruktur

Tampak wajah para peserta tersenyum gembira sambil menirukan gerakan senam

Pagi itu rekor baru telah terpecahkan, yang sebelumnya catatan rekor senam terbanyak adalah 135 orang ( Pada saat JUMPER#1), untuk kesempatan kali ini, semua peserta berjumlah 200an orang, dengan rincian 192 peserta JUMPER, 14 orang panitia, dan sekitar 8 orang ibu-ibu PI. Sangat meriah dan ramai bukan?

Para peserta meneriakan Yel-Yel untuk menambah semangat

Pembagian kelompok untuk semua peserta

Setelah acara senam bersama, para peserta diberi kesempatan untuk istirahat sejenak, sebelum dilanjutkan dengan pembagian kelompok JUMPER. Peserta JUMPER dibentuk menjadi 19 kelompok, setiap kelompok diberikan pita berwarna yang akan dipasang di lengan sebelah kiri, untuk membedakan setiap anggota Tim. Berikut penampakannya.


Mbak Andi Kurni (Alih Daya Kantor Area) membantu Pak Azis Haring (Asman Transaksi Energi) mengenakan pita warna Pink

Mbak Amriati (Alih Daya Kantor Area) membantu Pak Muh Asis (Manajer Rayon Paria) mengenakan pita warna Merah

Setelah selesai pembentukan kelompok dan pemasangan pita, acara dilanjutkan dengan permainan bersama. Game yang pertama dimainkan bernama Caterpillar, game ini dimainkan oleh seluruh anggota kelompok dengan berjalan dari garis start menuju finish dengan membawa balon yang ditempatkan di jidat dan punggung. Namanya juga caterpillar (ulet bulu). 

Dalam permainan ini kita akan membuat sesuatu yang mirip ulet bulu. Game ini ada juga yang menyebutnya game kaki seribu. Sesuai dengan namanya caterpillar atau dalam bahasa indonesianya ulat bulu, maka dalam game ini para peserta tampak berjalan mengeliat-geliat mempertahankan balon bawaanya seperti jalannya ulat. 

Tujuan dari game ini adalah untuk membangun kekompakan tim, saling bersinergi untuk mencapai tujuan, mengatur strategi kelompok, dan bisa menempatkan seseorang pada posisi yang tepat . Dalam permainan ini para peserta tampak ceria dan mahir memainkan peran “ulat bulu”.


Para peserta berjalan dengan mengapit balon secara kelompok sambil bergoyang

Pak Dalmasius Nugroho  ( Asman Jaringan ) serius memainkan game Caterpillar

Dalam game caterpillar ini keluar sebagai pemenang adalah kelompok satu yang dipimpin oleh Bapak Azis Haring (Asman TE) yang mayoritas beranggotakan srikandi-srikandi PLN Area Watampone. 


Pak Azis Haring mengkomando srikandi-srikandi untuk “mengeliat-geliat” ala ulat

Setelah selesai game Caterpillar maka untuk game kedua adalah Game Oper Air yang berlokasi di bibir Pantai Tete, sehingga para peserta diarahkan untuk berpindah lokasi di bibir Pantai Tete. Pada game Oper air ini para peserta outbound paling depan bertugas mengambil air, sedangkan peserta paling belakang bertugas menuang air ke dalam ember. 

Peserta paling depan mengambil air dari pantai dengan menggunakan wadah plastik kemudian secara estafet diberikan kepada rekan dibelakangnya melalui atas kepala. Dalam lomba ini diberikan waktu 5 menit, ember yang berisi air terbanyak dengan selama 5 menit adalah pemenangnya

Peserta dan panitia bersiap di bibir Pantai

Peserta diberi kesempatan untuk melakukan pemanasan (walaupun cuaca juga sudah panas)

Game dimulai, para peserta mulai mengoper air ke teman dibelakangnya

Game oper air ini bertujuan untuk mengatur kerjasama dan cara kerja yang efektif termasuk dalam pembagian tugas/menempatkan personel dengan tepat, kekompakan antar anggota teampun diuji dalam game ini.

Siang itu cuaca di pantai Tete semakin terik, matahari serasa diatas ubun-ubun, tetapi tidak semangat dan antusiasme dari para peserta JUMPER#2 tidak surut. Mereka masih semangat untuk menantikan game selanjutnya. Sebagai acara pamungkas selanjutnya dilanjutkan dengan Game Reli Bola. 

Game ini dimainkan dengan cara masing-masing anggota kelompok berpasangan dan memegang tali rafia membentuk sebuah rel, untuk dapat dilalui sebuah bola sehingga bola tersebut dapat masuk ke ember. Tujuan dari game ini adalah kerjasama tim, kekompakan, melatih kehati-hatian, melatih kesabaran, dan mengatur strategi timdalam membangun jiwa kompetisi.


Antusias para peserta mendengarkan instruksi peraturan game “Rel Bola”

Pak H. Latejjo semangat untuk memberi arahan kelompoknya

Mbak Wella melyani sebagai panitia terbaik menerima hadiah dari Pak Hardi (KLC OPI Watampone)

Setelah semua rangkaian game selesai dimainkan oleh peserta dengan penuh keceriaan, selanjutnya tiba saatnya acara penyerahan hadiah untuk tim-tim jawaranya. Dalam penyerahan hadiah itu juga dilakukan rangkaian dengan acara penutupan JUMPER dan pembukaan POW (Pekan Olahraga Watampone) untuk menyambut HLN ke 69. Berikut pandangan matanya:

Pak Nur Kawali (Ketua Tim SBO) memberikan pidato pembukaan POW (Pekan Olahraga Watampone)

Secara resmi POW (Pekan Olahraga Watampone) dibuka dengan ditandai peledakan balon udara oleh Asman dan Manajer Rayon





We are the key of change
Have a dream, Then have a Plan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar