Jumat, 20 Juni 2014

JUMPER ( JUMat Pagi cERia) PLN Area Watampone



Waktu berjalan begitu cepat, bagaikan “mesin jam” dalam bahasa Pak DIS. Nggak berasa, sudah dua minggu blog PLN Area Watampone belum diupdate lagi. Bukan tidak sengaja, hanya untuk tes apakah dibaca oleh khalayak ramai atau tidak, ternyata... :D :D

Banyak alasan yang bisa diungkapkan, tapi ada 3 “gawean besar” yang harus dipersiapkan oleh tim OPI Area Watampone dalam waktu dua minggu belakangan. Tiga “gawean besar” tersebut adalah:
  1. Rapat Evaluasi Kinerja (Manajer Rayon dan pegawai Kantor Pelayanan) Bulan Juni 2014
  2. Deklarasi PLN Bersih
  3.  JUMPER (JUMat Pagi cERia)


Sebuah kesengajaan, dengan semangat efisiensi biaya (belakangan lagi ngetrend CRMP (Cost and Revenue Management Program)), tim OPI Area Watampone menyelenggarakannya dalam satu rangkaian kegiatan, setidaknya mengurangi biaya konsumsi, :D

Di tulisan kali ini, kita akan bahas terlebih dahulu apa itu JUMPER. Untuk dua “gawean besar” yang lain menyusul di tulisan selanjutnya... kalau ingat lho, ya. :D

JUMPER adalah singkatan dari JUMat Pagi cERia. Sebuah acara yang baru saja di-launching oleh tim OPI Area Watampone. JUMPER adalah salah satu quick win dalam workstream MCL (Mindset Capability Leadership), yang sudah masuk dalam Design Pack Tim OPI Area Watampone waktu Bootcamp 3 di Udiklat Semarang.

Setelah sekian lama, akhirnya JUMPER bisa di-Deliver pada hari Jumat, 20 Juni 2014 di lapangan tenis gudang PLN Area Watampone. Tujuan JUMPER untuk meningkatkan kerja sama, kreatifitas, rasa kebersamaan, dan membangun jiwa leadership di kalangan keluarga besar PLN Area Watampone. Makanya tema JUMPER kali ini adalah “Working Together to Change The Future”, atau dalam istilah keren kita sehari-hari Gotong-Royong, atau dalam bahasa Bugisnya “Pada Majjamaki”.



Inilah laporan pandangan mata acara JUMPER:

Seumur hidup pak MAWP di Watampone, inilah jumlah peserta senam terbanyak, dengan jumlah 113 peserta JUMPER, 14 orang panitia, dan sekitar 8 orang ibu-ibu PI. Eh, tambah instruktur senam satu. Peserta JUMPER : Pegawai, Alih Daya, Petugas PP Dist, Mahasiswa PKL di Kantor Area, Rayon Uloe, Rayon Hasanuddin, Rayon Tellu Boccoe, dan peserta Rapat Evaluasi Kinerja.

Dengan peserta sebanyak itu, tentu membutuhkan biaya yang besar. Lho, dananya dari mana ya? Inilah orang-orang yang bisa menjawabnya.
Ki-Ka: Mas Agus, Pak Bakhtiar, Mas Weda, Mbak Carlita, Mbak Wella, Mas Cahyo, Pak Unding, Mas Aji, Mbak Inggrit, Mas Anggih, Mbak Annisa, dan yang duduk Mas Vander (keren banget ya.... langitnya, maksudnya.  :D)

Nah, info dari para jagoan di atas, dananya berasal dari uang denda setiap kali rapat dan pelanggaran komitmen (baca di tulisan sebelumnya: Sesuatu yang Tak Lagi Sama sejak Ada OPI di Area Watampone). Jadi swadaya dari tim OPI Area Watampone. Hebat nggak? Nggak juga, sih. :D

Setelah senam dan deklarasi PLN Bersih, dimulailah rangkaian acara JUMPER. Berikut kemeriahan suasananya:
Pengakuan Dosa dan hukuman bagi panitia yang melanggar komitmen (gag cuman peserta saja yang dihukum, panitia juga kena hukuman kalau bersalah... hahaha)

Pemanasan dengan membentuk lingkaran, susahnya bukan maen... ternyata keluarga besar PLN Watampone susah diatur, makanya ada beberapa orang yang terpaksa kena hukuman, termasuk Mas Nugroho (MR Uloe)



Nach ini nih permainan pertama,, judulnya “make a shape”  disini peserta diinstruksikan membuat sebuah bentuk.. foto diatas ketika peserta membuat bentuk segitiga.. (bisa diliat kan mana yang kompak??)




Tujuan game ini untuk membangun kekompakan antar peserta, membentuk budaya percaya pada pimpinan, menumbuhkan strategi dalam mencapai visi yang sama dengan kontribusi yang berbeda-beda.
Pak Syafaruddin (MR Hasanuddin) serius mendengarkan instruksi dari fasilitator dalam game “loopercoran and palpingpong”. Peserta sudah siaga dengan senjatanya masing-masing, termasuk gulungan koran yang dijepit di lutut.


Pak Sultan (Alih Daya Administrasi Rayon Hasanuddin) dan Bu Aguswati (Pegawai staf Adm Rayon Tellu Boccoe) sedang beraksi di Base Dua dalam game “loopercoran and palpingpong”

Kalo di Running Man ada pasangan hari Senin (Kang Gary-Song Ji Hyo ), kalo di JUMPER PLN Area Watampone ada pasangan hari Jumat :Mas Waldi (Pegawai Kantor Pelayanan Libureng)-Mbak Haslinda (Mahasiswi PKL di Kantor Area). Perhatikan Pak Nur Kawali teringat masa muda, Mas Cahyo dan Mas Agus jadi kepengen.. :p
Pak Yohannes R. Manda (Pegawai Kantor Pelayanan Belawa) dengan Pak La Tejjo (Supervisor TE) saling membungkuk memberi hormat di Base empat dalam game “loopercoran and palpingpong”

Game ini bertujuan untuk membangun budaya saling menghargai dan menghormati (ojigi;salam membungkuk ala Jepang untuk melakukan penghormatan bagi orang lain), konsentrasi, fokus, dan sportifitas.

Menjelang berakhirnya game ini, turun hujan lebat. Sehingga para peserta lari berteduh. Panitia mulai Galau, karena Hujan tidak terdapat dalam Rundown Acara. Panitia berfikir peserta akan meninggalkan acara, tetapi nasib berkata lain. Para peserta setia menunggu Hujan reda. 

Setelah panitia melakukan Briefing akhirnya disepakati untuk tetap melanjutkan acara meskipun dalam kondisi gerimis, hal ini disambut dengan antusias yang luar biasa dari para peserta (sepertinya hujan pun takut melihat semangat kita... :D).



Di tengah gerimis mengundang, petir cetar-cetir, dan angin bertiup semilir, game selanjutnya adalah “Water-Race”.
Mbak Sefti (Alih Daya administrasi kantor Area) saking semangatnya sampai melepas sepatu (nyeker). Kalau di Area ada pengendali susut, di JUMPER ada pengendali air, temannya Avatar (Pak Widodo, pegawai Kantor Pelayanan Ulaweng). Pak Subaer (topi terbalik, pegawai Kantor Pelayanan Pompanua) dan Mas Ogies (atlet binaraga rayon Uloe... pernah ikutan PLN Idol lhooo) serius memperhatikan gelas di tengah bentangan kain dalam game “Water-race”

Yang kecewa ketika gelasnya tumpah di garis finish malah panitianya, Mas Vander (Pegawai SDM Kantor Area). Sementara Pak Fajar (topi baju biru, Surya PPDis Rayon Hasanuddin), Pak Hasbi (baju merah, pegawai Jaringan Kantor Area), Pak Marzuki (rambut cepak, pegawai SDM Kantor area), dan Pak Ridwan (kaos biru lengan kuning, Alih Daya Hasanuddin) tertawa ngakak
Saking semangatnya, bukannya memberikan instruksi Mas Alwan (Pegawai Kantor pelayanan Otting) malah mengeluarkan jurus tari Jaipong. Pak Mustari (baju biru, pegawai gudang Area) dan Bu Andi Kurni (Alih Daya administrasi kantor Area) menjaga gelas agar tidak jatuh
Pak Aziz Haring (topi biru dongker, Asman Transaksi Energi), Pak Sangkala Nukra (baju hijau, MR Sengkang), Mas Rahmat Salim (baju biru, Pegawai Kantor Pelayanan Bulu-Bulu), dan “suaminya mbak Ati” (Petugas PP Dist Rayon Uloe), menjaga keseimbangan agar air tidak tumpah. Sementara itu, Bu Andi Sutra (Sekretaris Manajer Area) mengeluarkan “jurus pamungkas” ....
Game ini bertujuan untuk membangun budaya percaya pada pemimpin, kepemimpinan, dan kerja sama untuk mencapai satu tujuan.


Suasana ceria saat game “Hanoman”

Semua begitu menjiwai peran sebagai Hanoman. Bisa diperhatikan siapa juaranya. :D



Saat sesi “Hanoman naik becak”, Mba Ati komplain karena suaminya “direbut” oleh tiga wanita lain. Sementara di sebelahnya, sibuk menjadi Hanoman semua, becaknya mana ya?



Mas Ardik (SPV Administrasi Rayon Tellu Boccoe) jauh-jauh dari Kediri hanya untuk menjadi Hanoman di acara JUMPER.

Game ini bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas serta saling peduli antar rekan.


Pak Kamrin (Asman Jaringan) menerima pengalungan hadiah sebagai pemenang game Water-Race
Pak Nur Kawali (Asman Pelayanan dan Administrasi) mengalungkan hadiah kepada pemenang game “Loopercoran dan Palpingpong”
Pasangan hari Jumat sebagai peserta terbaik berpose bersama Asman Jaringan dan Asman Transaksi Energi. Asman PA memantau dari kejauhan

We are not Superman or Superwoman, but we are SUPERTEAM








Special thanks for photographer (Mas Cahyo)
High Quality Jomblo ,  penasaran siapa Mas Cahyo?? Silahkan chek :
https://www.facebook.com/y.cahyo.edi?ref=ts&fref=ts






5 komentar:

  1. Tim OPI nya kuereen polll......top top top...markotop.....bravo OPI Watampone

    BalasHapus
  2. Terima kasih untuk dukungannya! Bravo OPI, Jaya PLN!! :)

    BalasHapus
  3. Horeee, ada potokuu...

    BalasHapus