Sabtu, 05 Juli 2014

MENGINTIP "DAPUR TIM OPI" DALAM MELAKSANAKAN "3 GAWEAN BESAR" DI PLN AREA WATAMPONE


 Dalam setiap kegiatan, selalu ada yang melaksanakan hal-hal yang tidak kelihatan. Selalu ada yang harus mengorbankan waktu lebih banyak. Selalu ada yang membereskan, ketika yang lain sudah pulang. Selalu ada yang datang lebih awal saat yang lain masih istirahat dengan tenang. Begitu juga dengan 3 gawean besar di PLN Area Watampone, orang-orang itu tergabung dalam Tim OPI. 

Saat peserta rapat menerima undangan, Tim OPI sedang sibuk mempersiapkan agenda rapat, termasuk template-template presentasi dalam rapat. Saat peserta rapat masih di rumah, Tim OPI sudah datang mempersiapkan tempat rapat. Saat peserta rapat sudah pulang, Tim OPI masih sibuk mempersiapkan acara JUMPER keesokan harinya. Saat peserta JUMPER masih tidur, Tim OPI sudah datang di lapangan. Bahkan saat peserta JUMPER sudah pulang, Tim OPI masih sibuk membersihkan lapangan. 

Kenikmatan masakan di sebuah restoran, ternyata harus dipersiapkan oleh koki di dapur. Begitu juga dengan kesuksesan 3 gawean besar di PLN Area Watampone, Pasti sudah disiapkan dan diolah di dapur TIM OPI dengan baik. Dapur Tim OPI dipusatkan di “WAR ROOM”, yang letaknya di ruang depan PLN Area Watampone (yang turut jadi korban banjir). Yuk kita intip dapur Tim OPI:

Persiapan Rapat Evaluasi Kinerja dimulai pada hari Kamis, 12 Juni 2014 di “WAR ROOM OPI”, untuk perencanaan agenda Rapat, PIC kelengkapan dan peralatan rapat serta pembuatan template presentasi untuk manajer rayon dan Tim Kinerja. Pada persiapan ini tercetus ide melaksanakan JUMPER, spontanitas ide itu berawal dari usulan mas Agus, mbak Inggrit, mas Anggih dan mbak Nisa. Hari Jumat, 13 Juni 2014, hasil rapat ini dilaporkan via email ke Pak MAWP (Pak MAWP sedang ada acara di KanWil dilanjut cuti). Jawaban email pak MAWP membuat heboh Tim Kinerja, karena diemail tersebut pak MAWP mewajibkan Tim Kinerja mengusulkan penilaian unit asuhan (Asman, Manajer Rayon, Supervisor Area, Supervisor Rayon dan Pegawai Kantor Pelayanan). 

Finalisasi persiapan rapat dilaksanakan hari senin, 16 Juni 2014, termasuk pembahasan ide JUMPER ke teman-teman OPI dan Manajemen. Hasil pembahasan JUMPER dilaporkan via BBM ke pak MAWP, alangkah terkejutnya Tim OPI  mendapat jawaban dari pak MAWP, beliau menginstruksikan agar pada acara JUMPER diikutsertakan peserta rapat evaluasi kinerja (Manajer Rayon dan Pegawai Kantor Pelayanan). Peserta ini diluar perkiraan Tim OPI, awalnya acara JUMPER hanya diperuntukkan bagi pegawai kantor Area Watampone dan Rayon Hasanuddin (pegawai dan seluruh alih daya), ketika dibicarakan dengan Asman PA peserta ditambah dari Rayon Uloe dan Rayon Tellu Boccoe. Impact penambahan peserta adalah pekerjaan Tim OPI bertambah banyak dan anggaran menjadi membengkak.  

Suasana Rapat di “WAR ROOM OPI”
 
Karena melibatkan seluruh manajer rayon dan pegawai kantor pelayanan se-Area Watampone, persiapan acara JUMPER harus lebih “ngebuttttt”. Maka pada hari rabu, 18 Juni 2014 dilakukan simulasi game yang akan dimainkan pada acara JUMPER, serta satu orang anggota didelegasikan untuk membeli perlengkapan acara JUMPER. Berikut hasil intipannya….
Suasana chek sound di lokasi JUMPER oleh Tim OPI yang dibantu Pak Unding (spesialis soundsystem)
 
Simulasi game water race, KiKa: mbak Inggrit, mas Cahyo, mbak Nisa dan mas Agus
 

Serius membahas game loperkoran & palpingpong KiKa: mbak Carlita, mbak Wella, mbak Inggrit dan mas Aji
 

Berembug membicarakan skema game Hanoman KiKa: mas Vander, mbak Nisa, mbak Inggrit, mas Weda, mas Cahyo, mbak Wella, mas Aji dan mbak Carlita
 
Pada hari Kamis, 19 Juni 2014 pelaksanaan rapat evaluasi kinerja dimulai dari jam 08.00 WITA sampai dengan 20.30 WITA. Rapat terlaksana dengan lancar dan sukses, adapun liputannya ada ditulisan Rapat Evaluasi Kinerja Bulan Juni 2014, chek -> "Rapat Evaluasi Kinerja yang mengaduk-aduk "Passion" TIM OPI"

Setelah kerja marathon selama 12,5 jam tim OPI masih sempat berfoto ceria alias narsis bersama pak MAWP.

Ki-Ka: Pak Bakhtiar, Mas Kurnia Aji, Mbak Wella, Mbak Carlita, Mas Anggih, Mbak Inggrit, Pak MAWP, Pak Nur Kawali, Mbak Anissa, Mas Weda dan Mas Agus Kurniawan
 
Setelah sesi pemotretan tersebut, Tim OPI tidak langsung pulang, mereka masih harus membahas finalisasi acara JUMPER di “WAR ROOM”. Finalisasi ini meliputi checklist perlengkapan, checklist kesiapan dan pemaparan game yang disampaikan oleh setiap PIC game, termasuk acara plan B bila hujan turun. Dimalam tersebut teman-teman masih bersemangat dan terlihat antusias, lihat penampakannya :

Mbak inggrit sebagai PIC acara JUMPER memaparkan tema acara JUMPER edisi perdana
 

Mbak Carlita dan mas Weda menyampaikan kesiapan peralatan soundsistem beserta themes song
 

Mas Anggih dan pak Bakhtiar terlihat masih bersemangat untuk memaparkan kesiapan game “make a shape”
 

Walaupun seharian mendampingi rapat evaluasi kinerja bulan Juni 2014, tetapi teman-teman masih tampak antusias. KiKa: mas Agus, mbak Nisa, mas Cahyo, dan mas Vander
 

Mas Agus berpose ala bajak laut disertai senyum bahagia menerima dress code panitia JUMPER
 

Ini penampakan kaos panitia JUMPER yang dipesan mas Anggih

 Acara finalisasi JUMPER malam itu berakhir pada pukul 23.30 WITA, soalnya Tim OPI sepakat pada pagi harinya TIM OPI harus sudah berada di lokasi acara pada pukul 05.30 WITA. Ini merupakan kesepakatan bersama Tim OPI, padahal Tim OPI sendiri meragukan apakah mereka bisa bangun lebih pagi atau tidak  :D (malam itu disepakati untuk Jarkom, siapa yang bangun duluan harus bangunin yang lain) :D

Tapi malam itu ada yang tidak langsung pulang karena harus memastikan perlengkapan di lapangan termasuk pemasangan spanduk.

Mas Aji salah satu panitia yang harus memasang spanduk terlebih dahulu sebelum tidur nyenyak
 
Inilah komitmen Tim OPI yang patut diacungi JEMPOL, panitia kebanyakan datang lebih awal dari kesepakatan (takut untuk pengakuan dosa :D). Berikut penampakan Tim OPI dengan wajah ngantuk pada saat briefing sebelum JUMPER dimulai :

Perhatikan wajah-wajah ngantuk diatas..(melas banget ya?)

Ki-Ka Jongkok : Mas Agus, Mas Anggih, Mas Weda, Mbak Carlita, Mbak Nisa
Ki-Ka Berdiri : Mas Aji, Pak Bakhtiar, Mas Evander, Mbak Wella, Mbak Inggrit (Ini pose mbak Wella lagi ngapain si?:D)

 
Itulah sekilas liputan tentang dapur Tim OPI Area Watampone. Sebuah kesuksesan tidak pernah didapatkan tanpa pengorbanan. Jangan takut memberikan diri untuk sebuah perubahan. 
Working Together to Change The Future.


Kebahagiaan Tim OPI setelah menyelesaikan tiga “gawean besar”

 
MARI MELOMPAT LEBIH TINGGI……………



2 komentar:

  1. Kiprah generasi baru PLN yang bagus, dan harus....LANJUTKAN....!!!

    BalasHapus
  2. We should stare at the stars and not just the screens
    _____________________________________
    If we all light up we can scare away the dark :D

    BalasHapus