Selasa, 18 Agustus 2015

RAPAT TINJAUAN MANAJEMEN (RTM) AUDIT INTERNAL SMM ISO 9001:2008 AREA WATAMPONE


Tanggal 14 April 2015, PLN Area Watampone melaksanakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) sebagai bagian yang harus dilaksanakan dari proses pelaksanaan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008, dalam rangka mempertahankan sertifikat yang telah didapatkan oleh PLN Area Watampone. Sertifikat ISO 9001:2008 sendiri telah diterima sejak Juli 2013 dari PLN Jasa Sertifikasi. Praktis sampai saat ini sudah 22 bulan kami melaksanakan Sistem Manajemen Mutu. RTM dilaksanakan 2 kali dalam setahun, satu kali oleh Auditor Internal dan yang satunya oleh Auditor External. 

Nah, untuk RTM kali ini, merupakan  RTM yang dilaksanakan sebagai tindak lanjut hasil temuan Audit Internal yang telah dilaksanakan pada tanggal 16 sampai 19 Maret 2015 lalu. 


Peserta Rapat Tinjauan Manajemen
Proses Audit Internal dilakukan oleh 3 Tim. Tim 1 digawangi oleh Mbak Carlita, Bapak Aras, Ibu Amriati, dan Bapak Mukhsin.Tim 2 digawangi oleh Bapak Bakhtiar, Mbak Wella, Mas Vander, dan Mas Weda. Dan yang terakhir, Tim 3 digawangi oleh Bapak Rahim, Bapak Hardi, Mas Agus dan Mas Aji. Sesuai dengan Notulen Rapat Pembahasan Persiapan Audit Internal, untuk Tim 1 mengaudit Rayon Uloe, Rayon Paria dan bagian Transaksi Energi Area. Untuk Tim 2 mendapat bagian di Rayon Hasanuddin, Rayon Sengkang, dan bagian Pelayanan Administrasi Area. Sedangkan untuk Tim 3 mengaudit Rayon Tellu Boccoe, Rayon Patangkai, dan bagian Jaringan Area. 

Adapun lingkup pemeriksaannya adalah sebagai berikut 
  1.  Memastikan realisasi sasaran mutu tiap rayon
  2. Kelengkapan berkas pasang baru/perubahan daya/pesta (sampling lapangan masing  - masing 3 pelanggan)
  3. Kelengkapan berkas geser tiang, penggantian kawat, sewa mobil crane
  4. Sampling baca meter (minimal 2 pelanggan)
  5. Sampling PRR (minimal 1 pelanggan)
  6. Pemeriksaan jadwal Pelayanan Teknik
  7. Pemeriksaan kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD)
  8. Pemeriksaan Laporan Teknik
  9. Sinkronisasi laporan dan fisik material
  10. Pemeriksaan administrasi SDM dan lingkungan.
  11. Realisasi survey kepuasan pelanggan

Proses audit internal berjalan lancar dan selesai sesuai jadwal, walaupun ada beberapa kendala dalam pelaksanaanya, mengingat hampir semua anggota tim audit internal yang tentunya memiliki tugas pokok masing - masing sebagai seorang pegawai. 


Bapak Ahmad Mustaqir (PLT Manajer Area) membuka Rapat Tinjauan Manajemen
 
Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) yang digelar di Aula Area Watampone ini diikuti oleh Manajer Area, seluruh Asman dan Supervisornya, seluruh  Manajer Rayon beserta 1 Supervisornya, serta Tim Audit Internal dan tidak ketinggalan, Wakil Manajemen Mutu (WMM) Area Watampone, yakni Bapak Bakhtiar. 

Di awal acara, Bapak Ahmad Mustaqir selaku Plt. Manajer Area menyampaikan bahwa pentingnya kehadiran seluruh pihak dari Area maupun Rayon, karena dalam RTM membahas secara konkrit masukan – masukan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan ISO 9001:2008. Beliau juga berharap seluruh temuan Audit Internal yang akan dibahas, seharusnya sudah dilakukan tindakan perbaikan sebelumnya, agar dapat closed pada pertemuan ini. Hal ini yang kemudian dapat membantu unit kita dalam menghadapi Audit External yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Ke depan diharapkan seluruh format ISO 9001:2008 dapat menjadi format baku semua laporan dari semua bagian. Beliau juga menekankan bahwa penerapan ISO 9001:2008 ini bukanlah pekerjaan tambahan yang membuat beban pegawai semakin bertambah, melainkan standart pekerjaan yang rutin dilakukan oleh seorang pegawai, yang telah ditetapkan di dalam ISO 9001:2008 itu sendiri. 

            Kegiatan RTM ini mengagendakan beberapa hal :
  1. Pembahasan hasil audit (temuan) baik audit internal maupun eksternal
  2. Umpan balik pelanggan (internal dan eksternal)
  3.  Laporan status tindakan perbaikan yang telah dan sedang dilakukan
  4. Laporan status tindakan pencegahan
  5. Kinerja proses terkait kesesuaian pekerjaan dengan sasaran mutu, pencapaian TMP, dan kinerja
  6. Evaluasi dan tindaklanjut RTM sebelumnya.
  7. Usulan perubahan, perbaikan, dan pengembangan Sistem Manajemen Mutu

Rapat yang berlangsung kurang lebih 6 jam ini (tentunya termasuk ishoma) berlangsung cukup menarik, serius tetapi santai, santai tapi serius. Sehingga terkadang canda dari peserta terlontar dalam menanggapi berbagai pertanyaan oleh tim audit mengenai temuan – temuan yang terjadi di bidang maupun di rayon, beserta progres perbaikannya. 

Bapak Bakhtiar (WMM ISO) menyampaikan hasil temuan Audit Internal
 
Secara keseluruhan semua hasil temuan audit internal telah closed. Namun khusus untuk realisasi survey kepuasan pelanggan dari 6 rayon yang berada di bawah naungan Area Watampone, hanya 1 rayon yang terealisasi 100% hingga bulan Maret 2015 yakni, Rayon Tellu Boccoe. Tentu hal ini tidak serta merta bahwa rayon – rayon lain lalai dalam melaksanakan survey tersebut, melainkan ada beberapa rayon yang sedang dalam progress pengumpulan dari unit  masing – masing, adapula yang hanya kurang rekap survey kepuasan pelanggannya. Sehingga dalam beberapa hari akan terclose seluruhnya.

Suasana Rapat Tinjauan Manajemen

 Pada dasarnya seluruh manajemen dan karyawan PLN Area Watampone berkomitmen untuk meningkatkan mutu pelayanan dan keandalan pasokan tenaga listrik. Seperti yang tertuang pada “Kebijakan Mutu” , dalam memenuhi komitmen tersebut ada 3 hal yang kami lakukan, yakni :
  1. Menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 yang terus menerus ditingkatkan menjadi lebih baik dengan audit internal yang berkelanjutan.
  2. Meningkatkan SDM yang kompeten, berintegritas, beretika, dan profesional
  3. Membangun Team Work yang solid, bersemangat dalam mencapai Tujuan Perusahaan

“Enkaka Mai Pole Nasaba’ Apparellungetta’ Ri Listrik E”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar